www.icg.sch.id

Pendahuluan

E-mail Print PDF

Eksistensi MAN Insan Cendekia Gorontalo sebagai salah satu ikon lembaga pendidikan profesional bercorak modern khususnya bagi masyarakat Gorontalo, ternyata tak dapat dipungkiri memiliki posisi yang signifikan dan strategis dalam memberikan kontribusi yang konstruktif bagi pembentukan sumber daya manusia yang handal dan tangguh dalam kancah persaingan global yang begitu sarat multidimensional. Sosok lembaga pendidikan yang menyandang trade mark sebagai “entitas” yang tengah berproses berjuang melahirkan kader-kader calon pemimpin bangsa masa depan yang tangguh, mumpuni serta mampu memberi warna kemaslahatan bagi masyarakat, bangsa dan ummat diantara tuntutan perkembangan peradaban. Berangkat dari perspektif tersebut, secara implisit telah tersirat makna filosofis bahwa “ kuat atau lemahnya sebuah bangsa ditentukan oleh seberapa subur tingkat pembinaan para generasi muda yang ada didalamnya”. Kata kunci yang dipetik adalah “generasi muda”. Kata “generasi muda” dalam konteks ini dibatasi dalam ruang lingkup pengertian siswa dan siswi MAN Insan Cendekia Gorontalo.

Fokus pada harapan terbentuknya performansi siswa MAN Insan Cendekia Gorontalo yang paripurna menjadi agenda penting yang telah menjadi bagian strategis dalam mekanisme pembinaan kepribadian siswa di lingkungan MAN Insan Cendekia Gorontalo. Indikator performansi yang ditawarkan kali ini berangkat dari obsesi pembentukan kapasitas siswa yang didasarkan pada 3 pilar profil siswa yang diilustrasikan menjadi mainstream gagasan yang diharapkan kemudian mampu menjiwai arah pengembangan kurikulum kegiatan kesiswaan ini. Profil tersebut meliputi aspek: 1) Terbentuknya karakter siswa yang sehat, bugar serta rapi dalam setiap penampilan dan aktivitasnya, 2) Terbentuknya karakter siswa/sikap mental yang berani dan percaya diri dalam bertindak dan mengambil keputusan, dan 3) Terbentuknya karakter siswa/sikap mental yang mandiri dan bertanggungjawab dalam setiap urusan dan pengambilan keputusan . Ketiga profil siswa tersebut diharapkan menjadi cikal bakal potensial yang akan membawa sebuah proses transformasi perilaku kehidupan siswa utamanya siswa-siswi MAN Insan Cendekia Gorontalo kearah kerangka kehidupan yang lebih etis, dinamis, sehat,, rapi serta disiplin. Kerangka kehidupan yang tentunya sejalan, searah, seirama dengan capaian visi dan misi lembaga MAN Insan Cendekia Gorontalo ditengah-tengah dinamika perkembangan jaman dengan berbagai tuntutan sebagai konsekuensi logisnya.

Pembinaan pada aspek performansi (penampilan) profil siswa dan siswi MAN Insan Cendekia Gorontalo diharapkan dapat diimplementasikan secara intensif dan terprogram dengan daya dukung alat ukur instrumen evaluasi yang valid dan reliabel. Sehingga program pembinaan ini menjadi pilot project pembinaan kualitas SDM yang bernilai strategis dan secara kelembagaan patut mendapatkan supporting serta perhatian yang serius, mengingat betapa pentingnya mekanisme pembinaan dalam menjaga kualitas kader (baca : para lulusan) yang diharapkan kelak mereka mampu menerapkan nilai-nilai kehidupan positif yang aktual, etis, bermartabat serta mampu memberi teladan kebaikan di tengah-tengah masyarakat.