Arsip bulan Agustus 2020

Narasumber Guru MAN IC Gorontalo, Webinar FORGEMA-Gunadarma Dibuka Kakanwil
Narasumber Guru MAN IC Gorontalo, Webinar FORGEMA-Gunadarma Dibuka Kakanwil

Forum Guru Ekonomi Madrasah Aliyah (FORFEMA) bekerjasama dengan Universitas Gunadarma menyelenggarakan Webinar Nasional  dengan tema Inovasi Pembelajaran Ekonomi di Era Tatanan Baru.

Web seminar (webinar) dilaksanakan pada Sabtu (15/08/2020) melalui aplikasi zoom dan juga disiarkan secara live di channel youtube FORGEMA dan GTK Kemenag RI.

Pada webinar seri ke-6 ini Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ekonomi Madrasah Aliyah (MA) Provinsi Gorontalo ditunjuk sebagai pelaksana. Dengan narasumber dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gorontalo dan tim pengajar Universitas Gunadarma Jakarta, webinar dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Gorontalo.

Dalam sambutan pembukaannya, Kakanwil Kemenag Provinsi Gorontalo, H. Syafruddin Baderung mengatakan pandemic covid ini merupakan musibah sekaligus tantangan terutama bagi guru ekonomi. “Tantangan guru ekonomi dalam pembelajaran saat ini cukup besar. Covid 19 membuka cakrawala kita bahwa musibah ini tidak bisa lepas dari bagaimana kita tetap menghidupkan ekonomi negara. Ini musibah sekaligus menjadi tantangan bagi guru ekonomi dalam mencari jalan keluarnya,” urai Kakanwil.

Dikatakannya keadaan saat ini memunculkan inovasi yang harus selalu diikuti dan dilakukan. “Keadaan ini menimbulkan inovasi. Contohnya seminar ini. Para guru tidak menyangka ini akan terjadi. Sebelum wabah ini kita tidak mengenal aplikasi zoom. Saat ini guru harus menguasainya.  Ini bagian inovasi. Ini menjadi tantangan karena mengatasi covid juga dikaitkan dengan pertumbuhan ekonomi,” demikian  Syafruddin seraya mengingatkan para guru untuk terus berinovasi dan menguasai teknologi yang memang sangat diperlukan saat ini.

Sementara itu Ketua MGMP Ekonomi MA Provinsi Gorontalo, Jasmaniar dalam pengantarnya mengatakan di webinar ini disosialisasikan hasil TOT ekonomi syariah. “Di webinar ini disosialisasikan hasil training of trainer (TOT)  ekonomi dan keuangan syariah Harapannya kita dapat mengajarkannya kepada para siswa secara terintegrasi,” kata Jasmaniar yang juga guru ekonomi pada MAN IC Gorontalo dan menjadi narasumber webinar kali ini.

Webinar dilaksanakan berseri sebanyak 8 kali sejak 16 Juli hingga 29 Agustus 2020 di hari Sabtu tiap pekan dengan pelaksana MGMP Ekonomi MA Provinsi yang ditunjuk secara bergantian. Di seri ke-6 ini Ahmad Taufiq dari MAN IC Gorontalo menjadi master of ceremony (MC) webinar.  Moderator sesi 1 Atika dari MA Al-Hikmah Bumela Kabupaten Gorontalo mendampingi narasumber Jasmaniar dengan materi Literasi Ekonomi Syariah dalam Pembelajaran Ekonomi MA. Sesi 2  diisi tim dosen Universitas Gunadarma dengan materi Indeks Harga dan Inflasi, dimoderatori Krisowanti Musa dari MAN 2 Kabupaten Gorontalo. (ATB)

Guru MAN IC Gorontalo Hadiri Kick Off Festival Ekonomi Syariah
Guru MAN IC Gorontalo Hadiri Kick Off Festival Ekonomi Syariah

Guru ekonomi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gorontalo, menghadiri undangan acara Kick Off Rangkaian Kegiatan ISEF dan FESyar 2020 yang dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah ini dilaksanakan secara virtual bertempat di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo pada Jumat (07/08/2020).

Guru ekonomi pada MAN IC Gorontalo, Jasmaniar dan Ahmad Taufiq hadir dalam kegiatan yang mengangkat tema Mutual Empowerment in Accelerating Sharia Economic Growth through Promoting Halal Industries for Global Property itu. Kegiatan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-7 yang di dalamnya termasuk Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Nasional dilaksanakan oleh Bank Indonesia (BI) di tiga wilayah yakni Sumatera, Jawa, dan Kawasan Timur Indonesia selama Agustus – Oktober 2020.

Pada sambutan pembukaannya Wapres antara lain mengatakan penyelenggaraan ISEF ini merupakan bentuk nyata promosi kegiatan ekonomi dan keuangan syariah. “Berbagai upaya seperti penyelenggaraan event untuk terus mempromosikan dan menggelorakan kegiatan ekonomi dan keuangan Syariah adalah bentuk lain untuk mendukung perkembangannya. Penyelenggaraan ISEF Tahun 2020 yang dibuka pada hari ini dan akan berlangsung sampai Oktober 2020 merupakan bentuk nyata untuk hal tersebut,” demikian Wapres.

Dalam pada itu Jasmaniar, guru ekonomi pada MAN IC Gorontalo mengatakan keterlibatan guru ekonomi pada ajang ini sejak Bank Indonesia bekerjasama dengan Asosiasi Guru Ekonomi Indonesia (AGEI) melaunching buku ekonomi syariah. “Keterlibatan guru ekonomi di ajang ini sejak 2019 lalu saat Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah BI bekerjasama dengan AGEI melaunching buku ekonomi syariah untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA),” ungkapnya saat dihubungi Humas di kegiatan itu.

Dirinya berharap para guru ekonomi aktif mengenalkan ekonomi syariah ini. “Saya berharap para pengajar aktif mengenalkan pada peserta didik tentang potensi ekonomi dan keuangan syariah ini sehingga nantinya akan berdampak pada percepatan kebangkitan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia,” pungkas ibu yang juga Ketua AGEI Provinsi Gorontalo ini.

Rangkaian kegiatan dalam ISEF dan FESyar 2020 ini terdiri dari Sharia Forum berupa virtual web seminar, konperensi dan forum internasional dan domestik yang membahas perkembangan inovasi dan isu aktual dalam industri ekonomi dan keuangan syariah global. Selain itu juga pelaksanaan Sharia Fair dan Business Coaching, Business Matching & Business Deals.  (ATB)

Guru MAN IC Gorontalo Lolos ke Simposium Internasional dan Peroleh Beasiswa
Guru MAN IC Gorontalo Lolos ke Simposium Internasional dan Peroleh Beasiswa

Salah seorang pengajar pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gorontalo berhasil memperoleh beasiswa pelatihan bahasa. Trisnawati, guru Bahasa Inggris pada MAN IC Gorontalo mendapatkan peluang itu setelah karya tulisnya berjudul Enhancing Students’ Writing Proficiency in Writing Analytical Exposition using Cafe Model terpilih dalam program tersebut

Penyelenggara kegiatan adalah lembaga Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) Quality Improvement for Teachers and Education Personnel (QITEP).  Salah satu program dari lembaga ini yakni AISOFOLL (Annual International Symposium for Foreign Language Learning) menawarkan call for papers bagi guru Bahasa asing. AISOFOLL merupakan simposium tahunan yang diselenggarakan dalam rangka menyediakan forum ilmiah bagi para ahli dan pelaku pendidikan bidang pengajaran bahasa asing. Kegiatan ini juga menghadirkan pembicara utama yang berasal dari berbagai negara.

Guru Bahasa Inggris MAN IC Gorontalo, Trisnawati, pada kegiatan pelatihan bahasa secara daring.

Trisnawati sebagai penerima beasiswa akan mengikuti kegiatan ini secara daring selama tiga bulan. Kegiatan dilaksanakan pada 3 Agustus 2020 hingga 30 Oktober 2020 dengan menggunakan platform pembelajaran Altissia. Sejumlah 475 partisipan yang merupakan pengajar bahasa Inggris dari berbagai negara di kawasan Asia Tenggara ikut ambil bagian. Dalam pada itu Trisnawati juga akan mempresentasikan papernya di simposium internasional pada 6-7 Oktober 2020.

Trisnawati mengatakan tulisannya merupakan hasil dari penelitian tindakan kelas. “Tulisan yang saya kirimkan merupakan hasil dari penelitian tindakan kelas. Masuk nominasi untuk call for papers dan akan dipresentasikan pada 6-7 Oktober 2020 mendatang secara virtual pada simposium internasional  tahunan AISOFOLL ke 11,” ujar ibu yang akrab disapa Ma’am Tris ini saat dihubungi Humas pada Senin (03/08/2020).

Sementara itu di kesempatan yang sama Plt. Kepala MAN IC Gorontalo, Sriyanto Tangahu mengaku senang dengan masuknya salah satu pengajarnya itu sebagai presenter simposium dan penerima beasiswa. “Alhamdulillah senang ada guru yang bisa tampilkan papernya di simposium internasional dan juga menjadi penerima beasiswa pelatihan bahasa. Ini tentu akan menambah nilai dan manfaat baik bagi yang bersangkutan maupun bagi lembaga MAN IC Gorontalo,” ungkap Sriyanto seraya berharap keberhasilan ini juga menjadi pemacu semangat bagi sejawatnya.

Selain bahasa Inggris SEAMEO QITEP juga menawarkan beasiswa bagi pengajar bahasa Perancis dan Jerman. (ATB)

Salat Ied di MAN IC Gorontalo, Khatib Ingatkan Untuk Berbagi
Salat Ied di MAN IC Gorontalo, Khatib Ingatkan Untuk Berbagi

Serangkaian ibadah Idul Adha tahun 1441 Hijriyah ini keluarga besar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gorontalo melaksanakan salat Ied. Bertempat di masjid Ulul Albab MAN IC Gorontalo salat diselenggarakan pada Jumat (31/07/2020) bertepatan dengan tanggal 10 Zulhijjah 1441 H. Bertindak sebagai imam salat Malik H. Giu, guru Fiqh, sementara yang menjadi khatib Zulfahmi Aziz, guru pembina asrama pada MAN IC Gorontalo.

Dalam ceramahnya khatib mengaitkan ibadah Idul Adha dengan suasana pandemi saat ini. “Dua peristiwa penting yang tidak lepas dari Idul Adha, yakni ibadah haji dan kurban. Saat ini keduanya dilaksanakan dalam suasana pandemic Covid. Kita meyakini selalu ada hikmah yang terkandung dari setiap ketetapan-Nya. Pandemi membawa berbagai dampak termasuk di antaranya jamaah haji yang tahun ini tidak jadi diberangkatkan,” kata Zulfahmi mengawali ceramahnya.

Dikatakannya, bagi calon haji keputusan ini tentu sangat berat untuk diterima. Namun hikmah dari keadaan ini menurutnya adalah peningkatan kesabaran dan kepasrahan. “Hikmah yang bisa diambil dari keputusan ini diantaranya adalah kesabaran dan kepasrahan.  Allah menyuruh kita bersabar dan Dia beserta orang-orang yang sabar. Demikian yang difirmankan-Nya dalam al-qur’an,” ungkapnya seraya mengutip ayat dari surah Al-Anfaal tentang kesabaran.

Di bagian lain khatib menguraikan tentang harta yang merupakan titipan Allah. “Harta yang kita miliki sejatinya bukanlah milik kita. Namun titipan dari Allah yang di dalamnya terdapat hak orang lain. Kenikmatan tidak akan berkurang ketika harus dibagi dengan orang lain misalnya melalui ibadah kurban ini. Dengan pengorbanan harta melalui hewan kurban ini kita akan lebih mendekatkan diri kepada Allah. Hal ini selaras dengan makna kurban itu sendiri,” ungkap khatib yang akrab disapa Ustaz Fahmi ini.

Ustaz Fahmi mengatakan keadaan yang dihadapi saat ini seharusnya dapat membawa kita makin dekat kepada Pencipta dan kepada sesama. Dirinya berharap jamaah menjadi hamba terbaik dan selalu berbagi. “Semoga dari hal ini kita makin mampu menjalankan perintah Allah dan menjadi hamba-hamba-Nya yang terbaik, dan diberikan kemampuan untuk selalu peduli dan berbagi kepada sesama”, harap Zulfahmi di akhir khutbahnya.

Salat ied di Masjid Ulul Albab diikuti sekitar seratus jamaah baik laki-laki maupun perempuan dari keluarga besar MAN IC Gorontalo. Ibadah dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan antara lain dengan menggunakan masker, shaf salat yang berjarak, dan tidak saling berjabat tangan. Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala MAN IC Gorontalo, Sriyanto Tangahu turut hadir pada kegiatan yang dimulai pukul 6.30 pagi tersebut. (ATB)

Idul Adha 1441 H, MAN IC Gorontalo Tebar Daging 5 Sapi Kurban
Idul Adha 1441 H, MAN IC Gorontalo Tebar Daging 5 Sapi Kurban

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gorontalo pada tahun 1441 Hijriyah ini kembali melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Kegiatan diselenggarakan seusai salat Ied pada Jumat (31/07/2020) yang bertepatan dengan tanggal 10 Zulhijjah 1441 H. Bertempat di lapangan kampus MAN IC Gorontalo sejumlah lima ekor sapi dikurbankan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ketua Panitia Idul Adha MAN IC Gorontalo Tahun 2020 Ziauddin Bahar mengatakan pihaknya menerima hewan kurban meski dalam situasi pandemic  “Di masa pandemic Covid-19 ini Panitia menerima kepercayaan warga MAN IC Gorontalo untuk menyelenggarakan kurban sejumlah lima ekor sapi untuk dibagikan kepada yang berhak menerima,” kata Guru Pembina Asrama yang akrab disapa Ustaz Ziad ini.

Dikatakannya bahwa hewan yang dikurbankan sudah melalui pemeriksaan kesehatan. “Pemeriksaan fisik dan kesehatan hewan sudah dilaksanakan sehari sebelum diantar ke lokasi MAN IC Gorontalo,” ungkap Ustaz Ziad seraya mengatakan daging kurban laik konsumsi sesuai hasil pemeriksaan. Dirinya juga berharap kurban ini dapat meningkatkan kepedulian. “Semoga dengan kurban ini kita dapat lebih menumbuhkan sikap simpati dan empati kita terhadap orang-orang yang membutuhkan”, tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala MAN IC Gorontalo, Sriyanto Tangahu bersukur kegiatan dapat terlaksana dengan baik. “Alhamdulillah penyelenggaraan pemotongan hewan kurban berjalan lancar. Saya menyampaikan terima kasih kepada panitia yang melaksanakan kegiatan ini dengan baik, dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini panitia bekerja ekstra dengan mengantarkannya langsung kepada yang berhak di lokasi masing-masing,” ungkapnya.

Untuk menghindari adanya kerumunan massa, area penyelenggaraan kegiatan dibatasi hanya bagi panitia dan petugas penyelenggara kurban. Tahun ini panitia tidak mengedarkan kupon namun langsung mandatangi warga yang berhak menerima sesuai data yang diterima dari desa setempat.

Pembagian daging kurban dilaksanakan pada hari itu juga seusai salat Jumat hingga sore hari. Selain dibagikan kepada warga sekitar madrasah, daging juga disalurkan ke panti asuhan, rumah sakit, dan komunitas masyarakat. (ATB)