Arsip bulan September 2020

MAN IC Gorontalo Kembali dari MTQ Tingkat Provinsi dengan Prestasi
MAN IC Gorontalo Kembali dari MTQ Tingkat Provinsi dengan Prestasi

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) IX Tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2020secara resmi ditutupWakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim pada Senin (14/09/2020). Dari MTQ itu siswaMadrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gorontalo yang menjadi andalan kafilah Kabupaten Bone Bolango berhasil meraih peringkat juara 1 di tiga cabang lomba, peringkat 2 di tiga cabang, dan peringkat 3 di dua cabang lomba.

PelaksanaTugas (Plt.) Kepala MAN Insan Cendekia Gorontalo Sriyanto Tangahu yang hadir pada acara penutupan bersyukur atas capaian siswannya. “Syukur Alhamdulillah MAN IC Gorontalo telah menunaikan amanah yang diberikan Kabupaten Bone Bolango di MTQ Tingkat Provinsi ini. Semua siswa peserta menjadi juara baik juara 1, 2, dan 3. Selain bidang akademik para siswa juga mampu menunjukkan prestasi di bidang keagamaan seperti pada even MTQ ini,’ ungkap Sriyanto seusai pengumuman lomba.

Sementara itu Wakil Kepala Madrasah Bidang Keasramaan, Rahma Sari, mengatakan capaian siswanya menaikkan peringkat kabupaten. “Capaian siswa MAN IC Gorontalo di MTQ ini ikut menaikkan peringkat Bone Bolango menjadi peringkat ke-3 di Provinsi Gorontalo. Selanjutnya tiga pemenang juara satu dari madrasah akan disiapkan menuju tingkat nasional insya Allah di Sumatera Barat pada November mendatang,” demikian Rahma Sari yang terus mengawal kegiatan MTQ ini sejak seleksi tingkat madrasah.

Dalam pada itu salah satu siswa peserta, Salsabila Usman Patamani, juara 1 bidang Fahmil Qur’an Putri mengatakan, lomba ini memberikan kepadanya banyak pelajaran terutama tentang niat dan ikhlas. “Di lomba ini saya banyak belajar tentang niat dan ikhlas. Lomba itu ujian, jika kalah ujiannya biar tidak sedih, kalau menang ujiannya biar tidak sombong. Pujian itu ujian. Saya masih harus belajar lebih ikhlas lagi,” tutur putri kelahiran Tilamuta Gorontalo ini memberikan kesannya.

Pada MTQ Provinsiini siswa MAN IC Gorontalo didampingi pembina lomba keagamaan yakni Abdul Kodir Zaelani, Abdurrohim Widodo, Zulfahmi Aziz dan Siti Khotijah.

Berikut hasil yang diperoleh siswa MAN IC Gorontalo MTQ IX Provinsi Gorontalo.

No. Bidang Lomba Nama Peserta Juara
1. Fahmil Qur’an Putra Muhammad Sabri Sofyan 1
2. Muhammad Fikri Abdullah
3. Muhammad Rafli
4. Fahmil Qur’an Putri Salsabila Usman Patamani 1
5. Syarhil Qur’an Putra Mohammad Rizky Bilondatu 1
6. Moh. Fairuz Alauddin Yahya
7. Syarhil Qur’an Putri Rajiun Salimah 2
8. Aliyah Melani Naue
9. Dhiyaa Fadillah Fasa
10. Hafalan Al Qur’an 20 Juz Muh. Alif Ibadurrahman 2
11. Karya Tulis Ilmiah Muhammad Gozali Yahya 2
12. Hafalan Al Qur’an 5 Juz Ratu Thahirah Adam 3
13. Seni Kaligrafi Kontemporer Yestyana Mufid Rianti 3

 

(ATB)

MAN IC Gorontalo Andalan Kafilah Bone Bolango ke MTQ Tingkat Provinsi
MAN IC Gorontalo Andalan Kafilah Bone Bolango ke MTQ Tingkat Provinsi

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gorontalo kembali menjadi andalan kafilah Kabupaten Bone Bolango di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) IX Tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2020. MAN IC Gorontalo mengutus 15 siswanya yang akan tampil di delapan cabang lomba yakni cabang Fahmil Qur’an putra dan putri, Syarhil Qur’an putra dan putri, Hafalan Al-Qur’an 5 juz dan 20 juz, Seni Kaligrafi Kontemporer, dan Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an.

Acara pelepasan tim MAN IC Gorontalo oleh Kepala Madrasah dilaksanakan di Auditorium Gedung Administrasi pada Selasa (08/09/2020), diikuti seluruh siswa anggota tim, pendamping, dan pimpinan madrasah.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala MAN Insan Cendekia Gorontalo Sriyanto Tangahu  dalam sambutannya mengingatkan tim untuk ikhlas dalam mengikuti kegiatan. “Kalian menjadi wakil dan membawa nama kami dalam lomba ini. Nama Madrasah. nama Kabupaten, dan harapan orangtua. Laksanakan tanggung jawab ini dengan penuh keikhlasan. Perbaiki niat. Insya Allah doa kami selalu mengiringi langkah kalian,” demikian Sriyanto saat memberikan arahan dan semangat kepada timnya.

Sementara itu Wakil Kepala Madrasah Bidang Keasramaan, Rahma Sari, yang membawahi lomba keagamaan mengingatkan peserta akan pentingnya menjaga kesehatan. “Hal utama yang perlu diperhatikan adalah kalian berangkat sehat dan pulang insya Allah juga dalam keadaan sehat. Untuk itu selain siap dan konsentrasi pada kegiatan lomba, kalian juga harus selalu menjaga kebugaran dan mematuhi protokol kesehatan,” urai Rahma Sari yang juga mengajar Fiqh di MAN IC Gorontalo.

 

MTQ IX tingkat Provinsi Gorontalo dipusatkan di Kabupaten Gorontalo Utara diikuti oleh enam kabupaten dan kota se Provinsi Gorontalo. Kegiatan ini diselenggarakan pada 10 s.d 14 Sepember 2020. Siswa MAN IC Gorontalo didampingi pembina lomba keagamaan yakni Zulfahmi Aziz dan Siti Khotijah.

 

Berikut bidang lomba dan nama siswa MAN IC Gorontalo dalam kafilah Bone Bolango ke MTQ IX Provinsi Gorontalo.

No. Bidang Lomba Nama Peserta
1. Fahmil Qur’an Putra Muhammad Sabri Sofyan
2. Muhammad Fikri Abdullah
3. Muhammad Rafli
4. Fahmil Qur’an Putri Salsabila Usman Patamani
5. Falah Fadhila Kiyai
6. Tindaho Niode
7. Syarhil Qur’an Putra Mohammad Rizky Bilondatu
8. Moh. Fairuz Alauddin Yahya
9. Syarhil Qur’an Putri Rajiun Salimah
10. Aliyah Melani Naue
11. Dhiyaa Fadillah Fasa
12. Hafalan Al Qur’an 20 Juz Muh. Alif Ibadurrahman
13. Hafalan Al Qur’an 5 Juz Ratu Thahirah Adam
14. Seni Kaligrafi Kontemporer Yestyana Mufid Rianti
15. Karya Tulis Ilmiah Muhammad Gozali Yahya

 

(ATB)

Tim KSN-P MAN IC Gorontalo Melaju ke Tingkat Naional
Tim KSN-P MAN IC Gorontalo Melaju ke Tingkat Naional

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gorontalo kembali berjaya meloloskan timnya ke kompetisi sains tingkat nasional tahun ini.  Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) tentang Penetapan Peserta Pemenang Kompetisi Sains Nasional Tingkat Provinsi (KSN-P) Jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) Tahun 2020, MAN IC Gorontalo menempatkan 15 siswanya pada delapan bidang lomba.

KSN-P yang sebelumnya dikenal dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN)  digelar pada 10 s.d 14 Agustus 2020 secara daring. Di ajang ini MAN IC Gorontalo meloloskan masing-masing 2 siswa di bidang lomba Matematika, Fisika, Kimia, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. Sementara 1 siswa lainnya di bidang Informatika Komputer. Para siswa pemenang KSN-P ini selanjutnya akan mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) tahun 2020

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala MAN IC Gorontalo, Sriyanto Tangahu mengatakan pencapaian ini menjadi prestasi tersendiri. ”Tahun ini, Alhamdulillah MAN IC Gorontalo mampu menempatkan 2 siswa pada 7 cabang dan 1 siswa pada 1 cabang lomba. Ini berarti siswa kita tidak hanya terbaik di tingkat provinsi namun juga mampu melewati passing grade sehingga kita bisa mengirim lebih dari satu siswa di cabang tersebut. Hal ini menjadi catatan prestasi tersendiri bagi madrasah ini,” ungkap Sriyanto saat ditemui Humas di ruang kerjanya pada Selasa (08/09/2020).

Pada kesempatan yang sama, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Trisnawati mengatakan pihaknya telah mempersiapkan tim KSN jauh hari sebelumnya. ”Kami sudah mempersiapkan tim KSN ini jauh hari sebelumnya, baik dengan bimbingan pembina maupun secara mandiri. Mereka juga mengikuti try-out (uji coba) yang dilakukan Puspresnas di akhir Juli 2020 lalu. Terakhir dalam bentuk pemusatan latihan yang dilaksanakan secara daring setelah ujicoba tersebut hingga 8 Agustus 2020,” demikian Trisnawati yang juga mengampu mata pelajaran Bahasa Inggris di MAN IC Gorontalo ini.

Berikut bidang lomba dan nama siswa MAN IC Gorontalo yang lolos ke tingkat nasional mewakili Provinsi Gorontalo.

No. Bidang Lomba Nama Peserta
1. Matematika Reza Tri Ahmad Ramadhan
2. Muhammad Ariq Fakhri
3. Fisika Moh. Fairuz Alauddin Yahya
4. Muhammad Rizky Sya’ban
5. Kimia Muhammad Farid Hamka
6. Nabilah Nurul Iftitah
7. Informatika Komputer Abdillah Assajjad
8. Astronomi Moh. Eldivo Alsyawal Otoluwa
9. Ahmad Rizki
10. Ekonomi Muhammad Khairil Khatami
11. Aditya Arya Putranda
12. Kebumian Ahmad Fauzi
13. Bethari Amelia Nur Rachmadianti
14. Geografi Mohamad Syafrian Samu
15. Abdul Hakim Al-Jauhari Ibnu Zain

 

(ATB)