ARUNIKA Cinta Bangga Paham Rupiah 2024 Resmi Dibuka!

ARUNIKA Cinta Bangga Paham Rupiah 2024 Resmi Dibuka!

MAN ICG (icg.sch.id). Gedung serba guna Harun Ar Rasyid MAN IC Gorontalo menjadi saksi bagi pembukaan ARUNIKA (Ajang Remaja untuk Indonesia Berkarya) Cinta Bangga Paham Rupiah 2024. Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat penting, termasuk Penjabat Gubernur Provinsi Gorontalo, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo.

Dalam kegiatan ini, ARUNIKA, yang merupakan event lomba tahunan yang diprogramkan oleh OSIS MAN IC Gorontalo, menggandeng Bank Indonesia dalam project P5RA (Project Penguatan Profil Pemuda Pancasila Rahmatan Lil Alamin). Acara dibuka oleh Penjabat Gubernur Provinsi Gorontalo, Ismail Pakaya, dan diawali dengan sambutan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, Muflih B. Fatah.

Muflih B. Fatah menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ARUNIKA di MAN IC Gorontalo serta berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan pengalaman berharga bagi siswa-siswi se-Provinsi Gorontalo. ARUNIKA dianggap sebagai wadah untuk mengeksplorasi, berinovasi, dan pengembangan diri siswa, sesuai dengan program prioritas pemerintah provinsi dalam pengembangan sumber daya manusia.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Dian Nugraha, menyampaikan pentingnya memahami dan mencintai mata uang Rupiah secara utuh. Ia menjelaskan bahwa Bank Indonesia bekerja sama dengan MAN IC Gorontalo untuk meningkatkan edukasi tentang Cinta Bangga Paham Rupiah (CBP Rupiah) melalui ARUNIKA 2024. Selain itu, BI juga memperkenalkan QRIS sebagai sarana non-tunai dalam transaksi. Dian Nugraha juga menekankan kepada seluruh hadirin dengan “5 Jangan”: Jangan dilipat, diremas, dicoret, distapler, dan dibasahi. Ia menegaskan bahwa perilaku ini penting untuk menjaga keutuhan mata uang Rupiah. Selanjutnya, ia mengajak seluruh hadirin untuk mendukung program CBP Rupiah dengan menggunakan modul ajar yang sudah disediakan oleh Bank Indonesia.

Ismail Pakaya, selaku Penjabat Gubernur Provinsi Gorontalo, menyampaikan apresiasi kepada peserta dan jajaran Bank Indonesia yang selalu mendukung pendidikan di Gorontalo. Ia juga mengajak siswa-siswi untuk menjadi pelajar berkarakter yang mencintai Rupiah dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

Acara diakhiri dengan pembukaan secara simbolis, ditandai dengan pemukulan “Polo Palo” yang menandakan dimulainya ARUNIKA CBP Rupiah 2024. Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi siswa-siswi Gorontalo dalam memahami dan mencintai mata uang Rupiah serta mengembangkan potensi mereka.

Sementara itu Jasmaniar, Kepala MAN IC Gorontalo ketika ditemui awak media , menyatakan, “Saya merasa puas dengan upaya yang dilakukan oleh civitas dan mengapresiasi kegiatan ARUNIKA CBP Rupiah 2024. ARUNIKA adalah bukti nyata komitmen kami dalam mengembangkan potensi siswa-siswi Gorontalo.” (Humas ICG).

SHARE

TINGGALKAN KOMENTAR