Guru MAN IC Gorontalo Hadiri Kick Off Festival Ekonomi Syariah

Guru ekonomi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gorontalo, menghadiri undangan acara Kick Off Rangkaian Kegiatan ISEF dan FESyar 2020 yang dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah ini dilaksanakan secara virtual bertempat di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo pada Jumat (07/08/2020).

Guru ekonomi pada MAN IC Gorontalo, Jasmaniar dan Ahmad Taufiq hadir dalam kegiatan yang mengangkat tema Mutual Empowerment in Accelerating Sharia Economic Growth through Promoting Halal Industries for Global Property itu. Kegiatan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-7 yang di dalamnya termasuk Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Nasional dilaksanakan oleh Bank Indonesia (BI) di tiga wilayah yakni Sumatera, Jawa, dan Kawasan Timur Indonesia selama Agustus – Oktober 2020.

Pada sambutan pembukaannya Wapres antara lain mengatakan penyelenggaraan ISEF ini merupakan bentuk nyata promosi kegiatan ekonomi dan keuangan syariah. “Berbagai upaya seperti penyelenggaraan event untuk terus mempromosikan dan menggelorakan kegiatan ekonomi dan keuangan Syariah adalah bentuk lain untuk mendukung perkembangannya. Penyelenggaraan ISEF Tahun 2020 yang dibuka pada hari ini dan akan berlangsung sampai Oktober 2020 merupakan bentuk nyata untuk hal tersebut,” demikian Wapres.

Dalam pada itu Jasmaniar, guru ekonomi pada MAN IC Gorontalo mengatakan keterlibatan guru ekonomi pada ajang ini sejak Bank Indonesia bekerjasama dengan Asosiasi Guru Ekonomi Indonesia (AGEI) melaunching buku ekonomi syariah. “Keterlibatan guru ekonomi di ajang ini sejak 2019 lalu saat Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah BI bekerjasama dengan AGEI melaunching buku ekonomi syariah untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA),” ungkapnya saat dihubungi Humas di kegiatan itu.

Dirinya berharap para guru ekonomi aktif mengenalkan ekonomi syariah ini. “Saya berharap para pengajar aktif mengenalkan pada peserta didik tentang potensi ekonomi dan keuangan syariah ini sehingga nantinya akan berdampak pada percepatan kebangkitan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia,” pungkas ibu yang juga Ketua AGEI Provinsi Gorontalo ini.

Rangkaian kegiatan dalam ISEF dan FESyar 2020 ini terdiri dari Sharia Forum berupa virtual web seminar, konperensi dan forum internasional dan domestik yang membahas perkembangan inovasi dan isu aktual dalam industri ekonomi dan keuangan syariah global. Selain itu juga pelaksanaan Sharia Fair dan Business Coaching, Business Matching & Business Deals.  (ATB)