Idul Adha 1441 H, MAN IC Gorontalo Tebar Daging 5 Sapi Kurban

Idul Adha 1441 H, MAN IC Gorontalo Tebar Daging 5 Sapi Kurban
Idul Adha 1441 H, MAN IC Gorontalo Tebar Daging 5 Sapi Kurban

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gorontalo pada tahun 1441 Hijriyah ini kembali melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Kegiatan diselenggarakan seusai salat Ied pada Jumat (31/07/2020) yang bertepatan dengan tanggal 10 Zulhijjah 1441 H. Bertempat di lapangan kampus MAN IC Gorontalo sejumlah lima ekor sapi dikurbankan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ketua Panitia Idul Adha MAN IC Gorontalo Tahun 2020 Ziauddin Bahar mengatakan pihaknya menerima hewan kurban meski dalam situasi pandemic  “Di masa pandemic Covid-19 ini Panitia menerima kepercayaan warga MAN IC Gorontalo untuk menyelenggarakan kurban sejumlah lima ekor sapi untuk dibagikan kepada yang berhak menerima,” kata Guru Pembina Asrama yang akrab disapa Ustaz Ziad ini.

Dikatakannya bahwa hewan yang dikurbankan sudah melalui pemeriksaan kesehatan. “Pemeriksaan fisik dan kesehatan hewan sudah dilaksanakan sehari sebelum diantar ke lokasi MAN IC Gorontalo,” ungkap Ustaz Ziad seraya mengatakan daging kurban laik konsumsi sesuai hasil pemeriksaan. Dirinya juga berharap kurban ini dapat meningkatkan kepedulian. “Semoga dengan kurban ini kita dapat lebih menumbuhkan sikap simpati dan empati kita terhadap orang-orang yang membutuhkan”, tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala MAN IC Gorontalo, Sriyanto Tangahu bersukur kegiatan dapat terlaksana dengan baik. “Alhamdulillah penyelenggaraan pemotongan hewan kurban berjalan lancar. Saya menyampaikan terima kasih kepada panitia yang melaksanakan kegiatan ini dengan baik, dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini panitia bekerja ekstra dengan mengantarkannya langsung kepada yang berhak di lokasi masing-masing,” ungkapnya.

Untuk menghindari adanya kerumunan massa, area penyelenggaraan kegiatan dibatasi hanya bagi panitia dan petugas penyelenggara kurban. Tahun ini panitia tidak mengedarkan kupon namun langsung mandatangi warga yang berhak menerima sesuai data yang diterima dari desa setempat.

Pembagian daging kurban dilaksanakan pada hari itu juga seusai salat Jumat hingga sore hari. Selain dibagikan kepada warga sekitar madrasah, daging juga disalurkan ke panti asuhan, rumah sakit, dan komunitas masyarakat. (ATB)

SHARE

TINGGALKAN KOMENTAR