KAJIAN JUMAT BA’DA ASHAR BAGI GURU KARYAWAN DENGAN TEMA “SEBERAPA MANFAAT UMUR KITA?”

KAJIAN JUMAT BA’DA ASHAR BAGI GURU KARYAWAN DENGAN TEMA “SEBERAPA MANFAAT UMUR KITA?”
KAJIAN JUMAT BA’DA ASHAR BAGI GURU KARYAWAN DENGAN TEMA “SEBERAPA MANFAAT UMUR KITA?”


Kajian Jumat Ba’da Ashar Dengan NArasumber Ustaz AKZ

TILONGKABILA-(icg.sch.id)- MAN Insan Cendekia Gorontalo melalui panitia takmir masjid Ulul Albab menyelenggarakan pengajian ba’da ashar dengan tema “Seberapa Manfaatkah Umur Kita?” yang dilaksanakan di masjid Ulul Albab, Jumat (11/03/2022). Sebagai narasumber yaitu Ustaz Abdul Khodir Zaelani, M.Ag.

Dalam ceramahnya, Ustaz AKZ, begitu sapaan sehari-harinya, menyampaikan tentang pentingnya membuat umur manusia bermanfaat dengan menjaga 5 hal sebelum datang 5 perkara.
“Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ : شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ وَ صِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ وَ غِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ وَ فَرَاغَكَ قَبْلَ شَغْلِكَ وَ حَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ
Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara :
[1] Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu,
[2] Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu,
[3] Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu,
[4] Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu,
[5] Hidupmu sebelum datang kematianmu.” tutur beliau.

Beliau juga menambahkan penjelasan diatas dengan menghimbau seluruh guru dan karyawan agar meningkatkan ketaatan ketika dalam kondisi kuat untuk beramal (yaitu di waktu muda), sebelum datang masa tua renta. Beramal di waktu sehat, sebelum datang waktu yang menghalangi untuk beramal seperti di waktu sakit. Memanfaatkan kesempatan (waktu luang) di dunia ini sebelum datang waktu sibuk di akhirat nanti. Bersedekah dengan kelebihan harta sebelum datang bencana yang dapat merusak harta tersebut, sehingga akhirnya manusia menjadi fakir di dunia maupun akhirat, dan melakukan sesuatu yang manfaat untuk kehidupan sesudah mati, karena siapa pun yang mati, maka akan terputus amalannya. (AGUNKA)

SHARE

TINGGALKAN KOMENTAR