Siswa MAN IC Raih 4 Medali di KSN 2020

Kompetisi Sains Nasional (KSN) tahun 2020 yang berlangsung secara daring dari 12 s.d 16 Oktober 2020 telah usai. Acara ditutup oleh Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi, pada Jumat (16/10/2020) dalam gelaran Malam Apresiasi dan Penghargaan KSN Jenjang SMA secara online. Di ajang ini siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gorontalo mempersembahkan empat medali untuk Provinsi Gorontalo.

Para siswa berprestasi yang berhasil meraih medali tersebut masing-masing Aditya Arya Putranda meraih medali perak bidang Ekonomi, sementara di bidang Geografi Abdul Hakim Al Jauhari Ibnu Zain (perak) dan Moh. Syafrian Samu (perunggu), dan di bidang Kebumian Ahmad Fauzi mendapatkan perunggu.

Plt. Kepala MAN IC Gorontalo, Sriyanto Tangahu memberikan apresiasi kepada tim madrasah yang tetap berprestasi di masa pandemic. “Alhamdulillah, meskipun di masa pandemic saat ini MAN IC Gorontalo tetap dapat mengukir prestasi melalui siswa kita yang berlomba di KSN 2020 ini. Mereka bisa membawa nama baik daerah di ajang bergengsi tingkat nasional yang diikuti hampir 900 peserta ini,” demikian Sriyanto saat dihubungi Humas pada Senin (19/10/2020)

Dalam pada itu Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Trisnawati, mengatakan dari perolehan medali KSN tahun ini pihaknya akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan. Dirinya berharap dari evaluasi dan langkah perbaikan yang ditempuh prestasi KSN berikutnya dapat lebih baik lagi.

Ajang kompetisi yang pertama kali dilangsungkan secara daring ini diikuti 898 peserta yang merupakan utusan terbaik dari 34 provinsi. Sembilan bidang sains yang dikompetisikan terdiri dari Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Informatika, Geografi, Astronomi, dan Kebumian.

Pada kompetisi  tahun 2020 ini MAN IC Gorontalo mengutus 15 siswanya mewakili Provinsi Gorontalo pada delapan bidang mata pelajaran yang dilombakan.  Para siswa tersebut adalah  Reza Tri Ahmad Ramadhan dan Muhammad Ariq Fakhri di bidang Matematika, M. Rizky Sya’ban dan Moh. Fairuz Alauddin Yahya (Fisika), Nabilah Nurul Iftitah dan Muhammad Farid Hamka (Kimia), Aditya A. Putranda dan Muh. Khairil Khatami (Ekonomi), Abdillah Assajjad (Informatika), Moh. Syafrian Samu dan Abdul Hakim Al Jauhari Ibnu Zain (Geografi), Ahmad Rizki dan Moh. Eldivo Otoluwa (Astronomi), serta Ahmad Fauzi dan Bethari Amelia Nur Rachmadianti di bidang Kebumian. (ATB)