MAN IC Gorontalo Kembali dari MTQ Tingkat Provinsi dengan Prestasi

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) IX Tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2020secara resmi ditutupWakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim pada Senin (14/09/2020). Dari MTQ itu siswaMadrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gorontalo yang menjadi andalan kafilah Kabupaten Bone Bolango berhasil meraih peringkat juara 1 di tiga cabang lomba, peringkat 2 di tiga cabang, dan peringkat 3 di dua cabang lomba.

PelaksanaTugas (Plt.) Kepala MAN Insan Cendekia Gorontalo Sriyanto Tangahu yang hadir pada acara penutupan bersyukur atas capaian siswannya. “Syukur Alhamdulillah MAN IC Gorontalo telah menunaikan amanah yang diberikan Kabupaten Bone Bolango di MTQ Tingkat Provinsi ini. Semua siswa peserta menjadi juara baik juara 1, 2, dan 3. Selain bidang akademik para siswa juga mampu menunjukkan prestasi di bidang keagamaan seperti pada even MTQ ini,’ ungkap Sriyanto seusai pengumuman lomba.

Sementara itu Wakil Kepala Madrasah Bidang Keasramaan, Rahma Sari, mengatakan capaian siswanya menaikkan peringkat kabupaten. “Capaian siswa MAN IC Gorontalo di MTQ ini ikut menaikkan peringkat Bone Bolango menjadi peringkat ke-3 di Provinsi Gorontalo. Selanjutnya tiga pemenang juara satu dari madrasah akan disiapkan menuju tingkat nasional insya Allah di Sumatera Barat pada November mendatang,” demikian Rahma Sari yang terus mengawal kegiatan MTQ ini sejak seleksi tingkat madrasah.

Dalam pada itu salah satu siswa peserta, Salsabila Usman Patamani, juara 1 bidang Fahmil Qur’an Putri mengatakan, lomba ini memberikan kepadanya banyak pelajaran terutama tentang niat dan ikhlas. “Di lomba ini saya banyak belajar tentang niat dan ikhlas. Lomba itu ujian, jika kalah ujiannya biar tidak sedih, kalau menang ujiannya biar tidak sombong. Pujian itu ujian. Saya masih harus belajar lebih ikhlas lagi,” tutur putri kelahiran Tilamuta Gorontalo ini memberikan kesannya.

Pada MTQ Provinsiini siswa MAN IC Gorontalo didampingi pembina lomba keagamaan yakni Abdul Kodir Zaelani, Abdurrohim Widodo, Zulfahmi Aziz dan Siti Khotijah.

Berikut hasil yang diperoleh siswa MAN IC Gorontalo MTQ IX Provinsi Gorontalo.

No. Bidang Lomba Nama Peserta Juara
1. Fahmil Qur’an Putra Muhammad Sabri Sofyan 1
2. Muhammad Fikri Abdullah
3. Muhammad Rafli
4. Fahmil Qur’an Putri Salsabila Usman Patamani 1
5. Syarhil Qur’an Putra Mohammad Rizky Bilondatu 1
6. Moh. Fairuz Alauddin Yahya
7. Syarhil Qur’an Putri Rajiun Salimah 2
8. Aliyah Melani Naue
9. Dhiyaa Fadillah Fasa
10. Hafalan Al Qur’an 20 Juz Muh. Alif Ibadurrahman 2
11. Karya Tulis Ilmiah Muhammad Gozali Yahya 2
12. Hafalan Al Qur’an 5 Juz Ratu Thahirah Adam 3
13. Seni Kaligrafi Kontemporer Yestyana Mufid Rianti 3

 

(ATB)