Narasumber Guru MAN IC Gorontalo, Webinar FORGEMA-Gunadarma Dibuka Kakanwil

Forum Guru Ekonomi Madrasah Aliyah (FORFEMA) bekerjasama dengan Universitas Gunadarma menyelenggarakan Webinar Nasional  dengan tema Inovasi Pembelajaran Ekonomi di Era Tatanan Baru.

Web seminar (webinar) dilaksanakan pada Sabtu (15/08/2020) melalui aplikasi zoom dan juga disiarkan secara live di channel youtube FORGEMA dan GTK Kemenag RI.

Pada webinar seri ke-6 ini Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ekonomi Madrasah Aliyah (MA) Provinsi Gorontalo ditunjuk sebagai pelaksana. Dengan narasumber dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gorontalo dan tim pengajar Universitas Gunadarma Jakarta, webinar dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Gorontalo.

Dalam sambutan pembukaannya, Kakanwil Kemenag Provinsi Gorontalo, H. Syafruddin Baderung mengatakan pandemic covid ini merupakan musibah sekaligus tantangan terutama bagi guru ekonomi. “Tantangan guru ekonomi dalam pembelajaran saat ini cukup besar. Covid 19 membuka cakrawala kita bahwa musibah ini tidak bisa lepas dari bagaimana kita tetap menghidupkan ekonomi negara. Ini musibah sekaligus menjadi tantangan bagi guru ekonomi dalam mencari jalan keluarnya,” urai Kakanwil.

Dikatakannya keadaan saat ini memunculkan inovasi yang harus selalu diikuti dan dilakukan. “Keadaan ini menimbulkan inovasi. Contohnya seminar ini. Para guru tidak menyangka ini akan terjadi. Sebelum wabah ini kita tidak mengenal aplikasi zoom. Saat ini guru harus menguasainya.  Ini bagian inovasi. Ini menjadi tantangan karena mengatasi covid juga dikaitkan dengan pertumbuhan ekonomi,” demikian  Syafruddin seraya mengingatkan para guru untuk terus berinovasi dan menguasai teknologi yang memang sangat diperlukan saat ini.

Sementara itu Ketua MGMP Ekonomi MA Provinsi Gorontalo, Jasmaniar dalam pengantarnya mengatakan di webinar ini disosialisasikan hasil TOT ekonomi syariah. “Di webinar ini disosialisasikan hasil training of trainer (TOT)  ekonomi dan keuangan syariah Harapannya kita dapat mengajarkannya kepada para siswa secara terintegrasi,” kata Jasmaniar yang juga guru ekonomi pada MAN IC Gorontalo dan menjadi narasumber webinar kali ini.

Webinar dilaksanakan berseri sebanyak 8 kali sejak 16 Juli hingga 29 Agustus 2020 di hari Sabtu tiap pekan dengan pelaksana MGMP Ekonomi MA Provinsi yang ditunjuk secara bergantian. Di seri ke-6 ini Ahmad Taufiq dari MAN IC Gorontalo menjadi master of ceremony (MC) webinar.  Moderator sesi 1 Atika dari MA Al-Hikmah Bumela Kabupaten Gorontalo mendampingi narasumber Jasmaniar dengan materi Literasi Ekonomi Syariah dalam Pembelajaran Ekonomi MA. Sesi 2  diisi tim dosen Universitas Gunadarma dengan materi Indeks Harga dan Inflasi, dimoderatori Krisowanti Musa dari MAN 2 Kabupaten Gorontalo. (ATB)