Perpustakaan
Latar Belakang
Perkembangan peradaban manusia saat ini berjalan dengan cepat, sehingga manusia memerlukan informasi agar tidak tertinggal. Perpustakaan sebagai penyedia informasi harus dapat memberikan layanan yang dapat memudahkan pengguna untuk mengakses informasi dengan cepat, tepat, dan akurat.
Kemajuan suatu bangsa amat bergantung pada kualitas sumber daya manusianya. Demikian pula dalam upaya mewujudkan masyarakat Indonesiayang berkualitas tinggi tidak bisa lepas dari pendidikan. Kegiatan memajukan pendidikan diIndonesia telah dilakukan antara lain melalui peningkatan pendidikan yang diwujudkan dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional(Sisdiknas).
Pasal 1 menyebutkan, bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mampu mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendaliandiri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya ,masyarakat, bangsa dan negara.
Salah satu sarana dalam menunjang proses belajar dan mengajar di sekolah adalah perpustakaan. Perpustakaan sekolah dewasa ini bukan hanya merupakan unit kerja yang menyediakan bacaan guna menambah pengetahuan dan wawasan bagi murid, tapi juga merupakan bagian yang integral pembelajaran. Artinya, penyelenggaraan perpustakaan sekolah harus sejalan dengan visi dan misi sekolah dengan mengadakan bahan bacaan bermutu yang sesuai kurikulum, menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan bidang studi, dan kegiatan penunjang lain.
-
Sejarah
Untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam penguasaan iptek yang didasari semangat iman dan taqwa, maka pada tahun 1996 BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) yang saat itu dipimpin Bapak Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie melalui Program Penyetaraan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Science and Technology Equity Program – STEP) bagi sekolah-sekolah di lingkungan pesantren, telah mendirikan SMU Insan Cendekia di Serpong (Banten) dan Gorontalo.
Pada saat itu, sekolah ini dikenal dengan sebutan sekolah magnet (magnet school), dengan filosofi bahwa sekolah ini diharapkan mampu menarik sekolah-sekolah lain di sekitarnya untuk berpacu dalam prestasi, dan lebih giat memacu diri untuk mempersiapkan anak bangsa menatap masa depan. Sejak tahun pelajaran 2000/2001 SMU Insan Cendekia di Serpong dan Gorontalo dilimpahkan pengelolaannya dari BPPT kepada Departemen Agama.
Untuk mempertahankan ciri khas penguasaan iptek dan imtak dalam pengelolaan dan pembinaannya, Departemen Agama tetap bekerjasama dengan BPPT. Selanjutnya nama SMU Insan Cendekia ditransformasikan menjadi Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia. Diusianya yang genap sepuluh tahun (dasa warsa) yaitu pada tahun 2007, MAN Insan Cendekia ditetapkan sebagai MADRASAH ALIYAH PROGRAM KHUSUS BERSTANDAR INTERNASIONAL dengan pengelolaan langsung dibawah Dirjen Pedidikan Islam Departemen Agama RI.
Perpustakaan MAN Insan Cendekia Gorontalo berdiri pada tahun 2006, bersamaan dengan dibangunnya SMU Insan Cendekia Gorontalo. Bangunan perpustakaan ini bersifat permanen dengan luas 804 m2. Awalnya pengelolaan perpustakaan masih bersifat konvensional, namu pada tahun 2012 pengelolaan perpustakaan MAN Insan Cendekia sudah menggunakan system otomasi. Software yang digunakan didalam pengelolaan perpustakaan tersebut adalah “Senayan Open Source” atau lebih dikenal “Senayan Library Management Sistem (SLiMS)”. Dengan adanya software ini pengelolaan Perpustakaan MAN Insan Cendekia Gorontalo dapat berjalan dengan baik.
-
Tugas dan Fungsi
Tugas:
Perpustakaan MAN Insan Cendekia Gorontalo merupakan sarana penunjang kegiatan belajar mengajar yang menduduki peranan yang sangat penting. Fungsi perpustakaan MAN Insan Cendekia Gorontalo tidak lepas dari visi dan misinya.
- Visi dan Misi
Visi:
Sebagai penyedia informasi yang handal dalam rangka mendukung Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di MAN Insan Cendekia Gorontalo, guna mewujudkan lulusan yang mampu menguasai, mengembangkan, menyebarluaskan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat.
Misi:
- Menjadikan Perpustakaan sekolah berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang terdepan.
- Menjadikan pusat sumber belajar yang handal.
- Menjadikan tenaga-tenaga perpustakaan yang professional.
Fungsi :
Perpustakaan sekolah sebagai perangkat pendidikan disekolah merupakan bagian integral dalam system kurikulum sekolah berfungsi sebagai berikut:
- Pusat kegiatan belajar mengajar
Perpustakaan sekolah menyediakan koleksi bahan pustaka untuk mendukung proses belajar mengajar.
- Pusat menelitian sederhana
Perpustakaan sekolah menyediakan koleksi bahan perpustakaan yang bermanfaat untuk melaksanakan penelitian sederhana bagi peserta didik.
- Pusat membaca guna menmbah ilmu pengetahuan dan rekreasi.
Perpustakaan sekolah menyediakan koleksi bahan perpustakaan yang bermanfaat untuk menambah wawasan dan memperdalam ilmu pengetahuan serta rekreasi itelektual bagi peserta didik dan tenaga kependidikan.
-
Sarana dan Prasarana
Perpustakaan MAN Insan Cendekia Gorontalo telah mempunyai sarana prasarana pendukung yang cukup memadai untuk keberadaan sebuah Perpustakaan Sekolah. Namun masih harus ditingkatkan sehingga menjadi sebuah perpustakaan yang representatif yang mampu melayani para pengguna jasanya sesuai dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang.
- Sarana Prasarana tersebut adalah :
No |
Jenis |
Volume |
Satuan |
Keterangan |
1 |
Luas Tanah |
868 |
M2 |
|
2 |
Luas Bangunan |
804 |
M2 |
2 lantai/Permanen |
3 |
Ruang Koleksi Umum |
1 |
Ruang |
|
4 |
Ruang Koleksi Reference |
1 |
Ruang |
|
5 |
Ruang Sirkulasi |
1 |
Ruang |
|
6 |
Ruang Pengolahan |
1 |
Ruang |
|
7 |
Ruang Kepala |
1 |
Ruang |
|
8 |
Rauang Audio Visual |
1 |
Ruang |
|
9 |
Ruang Baca |
3 |
Ruang |
|
10 |
Ruang Cyber Library |
1 |
Ruang |
|
11 |
Gudang |
2 |
Ruang |
|
12 |
WC |
4 |
Ruang |
PA/PI |
- Peralatan / Perlengkapan :
No |
Jenis |
Volume |
Satuan |
Keterangan |
1 |
Meja Baca |
8 |
bh |
|
2 |
Rak Buku Kayu |
11 |
bh |
|
3 |
Rak Buku Besi |
5 |
bh |
|
4 |
Rak Majalah |
2 |
bh |
|
5 |
Kursi Chitose (Merah) |
50 |
bh |
10 Rusak Ringan |
6 |
Kursi Putar (Hitam |
33 |
bh |
|
7 |
Kursi Sofa |
3 |
set |
|
8 |
Kursi Rotan (Type 2:1) |
1 |
set |
|
9 |
AC 1,5 PK |
1 |
unit |
|
10 |
AC 2 PK |
2 |
unit |
|
11 |
AC 5 PK |
1 |
unit |
|
12 |
Kipas Angin Tempel |
1 |
bh |
|
13 |
Kipas Angin Berdiri |
2 |
bh |
|
14 |
Komputer |
28 |
unit |
|
19 |
Meja ½ Biro |
3 |
bh |
|
20 |
Meja Sirkulasi |
1 |
set |
|
21 |
Barcode |
2 |
bh |
|
22 |
Laptop ACER |
1 |
bh |
|
23 |
Scanning Book (Plustek) |
1 |
bh |
|
24 |
Pesawat Telepone |
2 |
bh |
|
25 |
Printer |
2 |
bh |
|
25 |
Rak TV Besi |
3 |
bh |
|
26 |
Dispenzer |
1 |
bh |
|
27 |
Loker (besi) Merk Brother |
18 |
bh |
|
28 |
Bufet |
2 |
2 |
Rusak Ringan/Berat |
29 |
TV 24” (Thosiba) |
1 |
bh |
Rusak Rerat |
30 |
DVD LG |
2 |
bh |
|
31 |
Speaker Aktif (Simbada) |
1 |
bh |
|
32 |
Speaker Aktif (LG) |
2 |
set |
|
33 |
Pengharum Ruangan |
3 |
bh |
Rusak Berat |
34 |
Papan Tulis Besar |
1 |
bh |
|
35 |
Papan Tulis Kecil |
3 |
bh |
|
36 |
Papan Pengumuman |
1 |
bh |
|
37 |
Pas Bunga |
9 |
bh |
|
38 |
HUB |
2 |
bh |
|
39 |
Router Connection |
1 |
bh |
|
40 |
Steples Uk. Sedang |
1 |
bh |
|
41 |
Pembatas Ruangan (Rotan) |
1 |
set |
Rusak Berat |
42 |
Stempel Perpustakaan |
2 |
bh |
1 bh rusak berat |
43 |
Stempel Inventaris |
1 |
bh |
|
44 |
Stempel Tanggal |
1 |
bh |
Rusak berat |
45 |
Komputer Server (Power Eg) |
1 |
unit |
|
-
Kelengkapan Administrasi
No |
Jenis |
Volume |
Satuan |
Keterangan |
1 |
Pedoman Umum Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah |
1 |
bh |
|
2 |
Daftar Tajuk Subjek Perpustakaan Nasional |
2 |
bh |
|
3 |
Daftar Tajuk Subjek Islam dan Sistem Klasifikasi Islam |
1 |
bh |
|
4 |
Daftar Tajuk Subjek Untuk Perpustakaan Edisi Ringkas |
1 |
bh |
|
5 |
Peraturan Kalagisasi Indonesia |
1 |
bh |
|
6 |
Buku Undang-Undang Perpustakaan |
1 |
bh |
|
7 |
AACR |
1 |
bh |
|
8 |
Daftar Tajuk Pengarang Indonesia 2006 |
1 |
bh |
|
9 |
Daftar Tajuk Pengarang Indonesia 2007 |
3 |
bh |
|
10 |
Daftar Tajuk Nama Badan Korporasi Indonesia 2008 |
1 |
bh |
|
11 |
Daftar Tajuk Pengarang Indonesia 2008 |
2 |
bh |
|
12 |
Daftar Tajuk Nama Geografi Indonesia dan Manca Negara |
1 |
bh |
|
12 |
Buku Induk |
1 |
bh |
|
13 |
OPAG Online Public Acces Catalog |
1 |
pkt |
Automasi |
14 |
Visitor |
1 |
pkt |
Automasi |
15 |
Label Buku/Nomor Panggil |
1 |
pkt |
Automasi |
16 |
Buku Registrasi |
1 |
bh |
|
-
Koleksi:
Jumlah koleksi perpustakaan pada saat ini adalah : 5.921 judul dan 17.494. eksemplar,dengan rincian sbb:
No |
Jenis Koleksi |
Judul |
Eks |
Ket. |
1 |
Koleksi Umum |
2948 |
3491 |
|
2 |
Reference |
261 |
1278 |
|
3 |
AudioVisual (AV) |
225 |
261 |
|
4 |
Kaset Audio |
20 |
20 |
|
5 |
Buku Paket |
189 |
10.166 |
|
6 |
Majalah |
2 |
2 |
|
7 |
e-Book |
2276 |
2276 |
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
5.921 |
17.494 |
|