Siswa MAN IC Gorontalo Diajar Dua Menteri pada KM5

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gorontalo mendapatkan kesempatan mengikuti kegiatan Kementerian Keuangan Mengajar ke-5 (KM5). Seluruh siswa kelas X, XI, dan XII dari jurusan IPA dan IPS mengikuti kegiatan yang dilaksanakan Kementerian Keuangan tersebut pada Senin (30/11/2020) secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

 

Acara dibuka resmi oleh Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kepatuhan Pajak yang diwakili oleh Direktur Fasilitas Kepabeanan. Dalam sambutannya  Direktur Fasilitas Kepabeanan, Untung Basuki mengatakan pihaknya merasa istimewa dan bangga mengajar MAN IC Gorontalo. “Kami merasa istimewa dan bangga karena mengajar siswa MAN IC Gorontalo yang terkenal berprestasi tidak hanya di level wilayah tapi juga secara nasional. KM5 ini memberikan literasi keuangan khususnya tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara,” papar Untung.

 

Sementara itu Plt. Kepala MAN IC Gorontalo, Sriyanto Tangahu pada sambutannya mengatakan kegiatan ini membekali siswa menghadapi perubahan. “Terpilihnya MAN IC Gorontalo ikut dalam kegiatan KM5 ini memberikan kesempatan kepada siswa memperluas wawasan dan literasi keuangan. Hal ini sangat bermanfaat untuk bekal mereka menghadapi perubahan yang cepat. Termasuk perkembangan di bidang keuangan dengan berbagai aplikasi digital dan transaksi online,” ujar Sriyanto mengawali kegiatan.

 

Sementara itu Koordinator Kegiatan KM5 MAN IC Gorontalo, Jasmaniar, mengatakan kerjasama dengan Kemenkeu terjalin baik selama ini. “Kerjasama MAN IC Gorontalo dengan Kemenkeu selama ini terjalin baik. Antara lain dengan kegiatan Perbendaharaan Mengajar pada periode sebelumnya. Demikian juga dengan kunjungan siswa ke Kantor KPPN Gorontalo untuk belajar Keuangan Negara dan APBN. Alhamdulillah di KM5 ini MAN IC Gorontalo dapat turut berpartisipasi,” demikian Jasmaniar guru Ekonomi yang juga Kepala Perpustakaan Ibnu Khaldun MAN IC Gorontalo ini saat ditemui di ruang kerjanya pada Rabu (02/12/2020).

 

Kemenkeu Mengajar merupakan agenda tahunan Kemenkeu yang tahun ini memasuki tahun ke-5 dan pertama kali secara daring. Para siswa diajar oleh para Relawan Pengajar yang terdiri dari pejabat pegawai Kementerian Keuangan dari berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu pada KM5 ini Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim juga tampil mengajar para siswa di kelas khusus berisi perwakilan siswa dari 88 sekolah/madrasah seluruh Indonesia.

 

Acara KM5 diakhiri dengan konser virtual menampilkan Menteri Keuangan bernyanyi bersama para relawan dan perwakilan siswa seluruh Indonesia. Zalfa Adzani Syahputri, siswi kelas XII MAN IC Gorontalo menjadi salah satu perwakilan siswa yang tampil apik bersama Menteri Sri Mulyani dengan membawakan lagu berjudul Pemuda karya Chaseiro. (ATB)