SMA IT Al-Islah Gorontalo Lakukan Studi Tiru di MAN ICG

SMA IT Al-Islah Gorontalo Lakukan Studi Tiru di MAN ICG
SMA IT Al-Islah Gorontalo Lakukan Studi Tiru di MAN ICG

TILONGKABILA-//9icg.sch.id)- MAN Insan Cendekia Gorontalo menerima rombongan delegasi dari SMA IT Al-Islah Kota Gorontalo, Senin (27/11/2023). Rombongan yang terdiri dari Jois Akase selaku (Ketua Bidang Pendidikan Yayasan Al-Islah), Maya Saleh (Direktur Lembaga Penjaminan Mutu), Nurmaningsih Ismail (Lembaga Bimbingan Al Quran), Herlis Setiawan Karim (Kepala SMA IT AL-Islah), Sri Wahyuningsi Piu (Walas Kls 12 SMA IT Al-Ilsah) diterima oleh Wakil Bidang Humas, Agung, dan salah seorang perwakilan guru, Rafini di ruang kepala madrasah MAN ICG. Tujuan dari kedatangan rombongan tersebut untuk melakukan studi tiru terkait strategi madrasah dalam mempersiapkan seleksi masuk perguruan tinggi favorit bagi peserta didik kelas XII.

Pada kesempatan itu, para delegasi mempertanyakan terkait persiapan apa saja yang diterapkan MAN ICG bagi siswa kelas XII menyambut seleksi masuk pergurun tinggi favorit (PTN). Selain itu, penentuan pengambilan jurusan dan kerja sama dengan lembaga pendidikan luar juga dipertanyakan oleh para delegasi SMA IT Al-Islah.

Menaggapi pertanyaan itu, Agung menjawab bahwa pembelajaran intensif bagi peserta didik kelas XII menghadapi ujian tulis berbasis komputer (UTBK) baik di dalam maupun di luar madrasah menjadi strategi utama yang diterapkan oleh MAN ICG.

”Peserta didik MAN ICG secara intensif dari awal semester ganjil hingga sekarang sudah dijadwalkan belajar mengerjakan soal-soal prediksi UTBK yang dibuat oleh guru mapel masing-masing,” jelas Agung.

Rafini dihadapan para delegasi menambahkan bahwa MAN ICG juga melakukan kerja sama dengan bimbingan belajar (Bimbel) luar untuk soal-soal try out (TO). ”Peserta didik kami juga mengerjakan soal try out dari bimbel luar agar memperoleh gambaran sejauh mana peserta didik mampu mengerjakan soal-soal try out. Hasil try out juga bisa dipakai sebagai bahan pemetaan bagi madrasah untuk menentukan asesmen lebih lanjut bagi peserta didik,” pungkas Rafini.

Bagi SMA IT Al-Islah, tahun ini baru pertama kalinya membuka kelas XII sehingga studi tiru ini sangat penting untuk memperoleh informasi mengenai kiat-kiat mengantarkan peserta didik lulus perguruan tinggi favorit. (AGUNKA)

SHARE

TINGGALKAN KOMENTAR