Tim KSN-P MAN IC Gorontalo Melaju ke Tingkat Naional

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gorontalo kembali berjaya meloloskan timnya ke kompetisi sains tingkat nasional tahun ini.  Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) tentang Penetapan Peserta Pemenang Kompetisi Sains Nasional Tingkat Provinsi (KSN-P) Jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) Tahun 2020, MAN IC Gorontalo menempatkan 15 siswanya pada delapan bidang lomba.

KSN-P yang sebelumnya dikenal dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN)  digelar pada 10 s.d 14 Agustus 2020 secara daring. Di ajang ini MAN IC Gorontalo meloloskan masing-masing 2 siswa di bidang lomba Matematika, Fisika, Kimia, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. Sementara 1 siswa lainnya di bidang Informatika Komputer. Para siswa pemenang KSN-P ini selanjutnya akan mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) tahun 2020

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala MAN IC Gorontalo, Sriyanto Tangahu mengatakan pencapaian ini menjadi prestasi tersendiri. ”Tahun ini, Alhamdulillah MAN IC Gorontalo mampu menempatkan 2 siswa pada 7 cabang dan 1 siswa pada 1 cabang lomba. Ini berarti siswa kita tidak hanya terbaik di tingkat provinsi namun juga mampu melewati passing grade sehingga kita bisa mengirim lebih dari satu siswa di cabang tersebut. Hal ini menjadi catatan prestasi tersendiri bagi madrasah ini,” ungkap Sriyanto saat ditemui Humas di ruang kerjanya pada Selasa (08/09/2020).

Pada kesempatan yang sama, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Trisnawati mengatakan pihaknya telah mempersiapkan tim KSN jauh hari sebelumnya. ”Kami sudah mempersiapkan tim KSN ini jauh hari sebelumnya, baik dengan bimbingan pembina maupun secara mandiri. Mereka juga mengikuti try-out (uji coba) yang dilakukan Puspresnas di akhir Juli 2020 lalu. Terakhir dalam bentuk pemusatan latihan yang dilaksanakan secara daring setelah ujicoba tersebut hingga 8 Agustus 2020,” demikian Trisnawati yang juga mengampu mata pelajaran Bahasa Inggris di MAN IC Gorontalo ini.

Berikut bidang lomba dan nama siswa MAN IC Gorontalo yang lolos ke tingkat nasional mewakili Provinsi Gorontalo.

No. Bidang Lomba Nama Peserta
1. Matematika Reza Tri Ahmad Ramadhan
2. Muhammad Ariq Fakhri
3. Fisika Moh. Fairuz Alauddin Yahya
4. Muhammad Rizky Sya’ban
5. Kimia Muhammad Farid Hamka
6. Nabilah Nurul Iftitah
7. Informatika Komputer Abdillah Assajjad
8. Astronomi Moh. Eldivo Alsyawal Otoluwa
9. Ahmad Rizki
10. Ekonomi Muhammad Khairil Khatami
11. Aditya Arya Putranda
12. Kebumian Ahmad Fauzi
13. Bethari Amelia Nur Rachmadianti
14. Geografi Mohamad Syafrian Samu
15. Abdul Hakim Al-Jauhari Ibnu Zain

 

(ATB)