Tim Zona Integritas Bahas Revisi SOP Pelayanan Umum Masing-masing Bidang

Tim Zona Integritas Bahas Revisi SOP Pelayanan Umum Masing-masing Bidang
Tim Zona Integritas Bahas Revisi SOP Pelayanan Umum Masing-masing Bidang

TILONGKABILA-(icg.sch.id)- Menindak lanjuti pertemuan sebelumnya yang diselenggarakan di Hotel Grand Q Gorontalo tentang penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP), maka hari kamis, 27 April 2023 di ruang Auditorium MAN IC Gorontalo diselenggarakan kegiatan revisi Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah dibuat oleh masing-masing bidang. Kegiatan penyusunan SOP pelayanan umum memperhatikan beberapa aspek seperti aktivitas, pelaksana, mutu baku, dan keterangan. Keempat hal tersebut harus dirumuskan dalam tim di masing-masing bidang yang tentunya memerlukan waktu yang cukup panjang. Oleh karena itu, masih banyak SOP yang belum selesai harus segera diselesaikan secepatnya.

Kepala MAN IC Gorontalo, Dr. Hj. Jasmaniar, SE. MEc Dev., mengatakan bahwa penyusunan SOP yang sekarang sedang dibahas oleh tim ZI adalah SOP Pelayanan Umum dimana setiap kelompok di masing-masing tim akan merumuskan alur aktivitas, siapa pelaksananya, bagaimana proses pelaksanaannya, bagaimana mutu baku nya, hingga memberi keterangan bila diperlukan. Menurutnya bagian yang paling sulit adalah menentukan aktivitas-aktivitas dan alur proses saat pelaksanaannya agar jelas dan tidak membingungkan baik bagi user maupun costumer.

“Inti dari SOP Pelayanan Umum adalah bagaimana user atau costumer bisa memberi dan mendapatkan pelayanan dengan efektif dan efisien. Kedua hal tersebut dituangkan dalam bentuk SOP Pelayanan Umum yang dibahas di tiap kelompok bidang,” kata Jasmaniar.

Ditanya tentang bidang-bidang pelayanan umum yang dimaksud, Jasmaniar mengatakan ada beberapa bidang yang sekarang ini sedang menyusun revisi SOP Pelayanan Umum seperti bidang Akademik, Kepeserta Didikan, Keasramaan, Kehumasan, Sarpras, Security, Cleaning Service, Kesehatan, Kepegawaian, Ketata Usahaan, Keuangan, dan lain sebagainya. Masing-masing bidang yang disebutkan diatas merevisi kembali langkah-langkah pada aktivitas maupun apur pelaksanaannya agar jelas dan mudah dipahammi bagi user maupun costumer dengan memperhatikan prinsip-prinsik efektivitas dan efisien. (Agunka)

Editor: CC

SHARE

TINGGALKAN KOMENTAR