Tim Zona Integritas Bahas Revisi SOP Pelayanan Umum Masing-masing Bidang

Tim Zona Integritas Bahas Revisi SOP Pelayanan Umum Masing-masing Bidang
Tim Zona Integritas Bahas Revisi SOP Pelayanan Umum Masing-masing Bidang

TILONGKABILA-(icg.sch.id)- Menindak lanjuti pertemuan sebelumnya yang diselenggarakan di Hotel Grand Q Gorontalo tentang penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP), maka hari kamis, 27 April 2023 di ruang Auditorium MAN IC Gorontalo diselenggarakan kegiatan revisi Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah dibuat oleh masing-masing bidang. Kegiatan penyusunan SOP pelayanan umum memperhatikan beberapa aspek seperti aktivitas, pelaksana, mutu baku, dan keterangan. Keempat hal tersebut harus dirumuskan dalam tim di masing-masing bidang yang tentunya memerlukan waktu yang cukup panjang. Oleh karena itu, masih banyak SOP yang belum selesai harus segera diselesaikan secepatnya.

Kepala MAN IC Gorontalo, Dr. Hj. Jasmaniar, SE. MEc Dev., mengatakan bahwa penyusunan SOP yang sekarang sedang dibahas oleh tim ZI adalah SOP Pelayanan Umum dimana setiap kelompok di masing-masing tim akan merumuskan alur aktivitas, siapa pelaksananya, bagaimana proses pelaksanaannya, bagaimana mutu baku nya, hingga memberi keterangan bila diperlukan. Menurutnya bagian yang paling sulit adalah menentukan aktivitas-aktivitas dan alur proses saat pelaksanaannya agar jelas dan tidak membingungkan baik bagi user maupun costumer.

“Inti dari SOP Pelayanan Umum adalah bagaimana user atau costumer bisa memberi dan mendapatkan pelayanan dengan efektif dan efisien. Kedua hal tersebut dituangkan dalam bentuk SOP Pelayanan Umum yang dibahas di tiap kelompok bidang,” kata Jasmaniar.

Ditanya tentang bidang-bidang pelayanan umum yang dimaksud, Jasmaniar mengatakan ada beberapa bidang yang sekarang ini sedang menyusun revisi SOP Pelayanan Umum seperti bidang Akademik, Kepeserta Didikan, Keasramaan, Kehumasan, Sarpras, Security, Cleaning Service, Kesehatan, Kepegawaian, Ketata Usahaan, Keuangan, dan lain sebagainya. Masing-masing bidang yang disebutkan diatas merevisi kembali langkah-langkah pada aktivitas maupun apur pelaksanaannya agar jelas dan mudah dipahammi bagi user maupun costumer dengan memperhatikan prinsip-prinsik efektivitas dan efisien. (Agunka)

Editor: CC

SHARE

TINGGALKAN KOMENTAR

Calon peserta didik baru yang dinyatakan lulus seleksi tertulis WAJIB melakukan proses daftar ulang
dengan melengkapi PERSYARATAN-PERSYARATAN sebagai berikut:

  1. Kartu tanda peserta tes
  2. Lembar Data induk peserta didik
  3. Surat pernyataan mematuhi tata tertib
  4. Surat Kontrak Pendidikan
  5. Surat Pernyataan tinggal di asrama
  6. Surat Keterangan Penghasilan/Slip Gaji
  7. Surat pernyataan kesediaan membayar biaya personal
  8. Fotokopi Warna Akta Kelahiran
  9. Fotokopi Warna Kartu Keluarga
  10. Fotokopi Warna KTP Bapak
  11. Fotokopi Warna KTP Ibu
  12. Fotokopi Pembayaran rekening listrik
  13. Fotokopi Pembayaran rekening air (PDAM)
  14. Fotocopy Warna Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Kartu Indonesia Pintar (KIP) dengan menunjukkan aslinya bagi peserta yang tidak mampu. (saat masuk asrama dibawa aslinya).
  15. Fotokopi Sertifikat/piagam lomba/prestasi (Nasional/Internasional) Jika ada
  16. Lembar Ukuran Seragam (di update di dokumen persyaratan)
  17. Bukti pembayaran biaya Personal Seragam & Kelengkapan Asrama
  18. Hasil pemeriksaan Kesehatan (ASLI)

 

  • Berkas pendaftaran ulang dimasukkan didalam map plastik berlobang (putri: warna merah, putra: warna biru)
  • Seluruh Berkas daftar ulang dapat diantar langsung atau dikirim via jasa pengiriman paling lambat tanggal 30 Maret 2024 sudah di terima panitia daftar ulang cap pos
  • Alamat MAN Insan Cendekia Gorontalo :

Jln. Kasmat Lahay, Desa Moutong, Kac. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango, Gorontalo, 96183

 

No JENIS DOKUMEN PERSYARATAN
KETERANGAN
1 Ceklist Dokumen Pendaftaran Download
2 Lembar Induk Siswa Download
3 Kesanggupan membayar biaya personal Download
4 Surat Peryataan Mematuhi Tata Tertib Download
5 Surat Kontrak Pendidikan Download
6 Surat Peryataan Kesediaan Tinggal di Asrama Download
7 Pengantar Pemeriksaan Kesehatan Download
8 Ukuran Seragam Download
9 Barang Bawaan Siswa Download
10 Rincian Biaya Personal Download