Verifikasi Soal Ujian Madrasah, Kamad: Soal UM Memperhatikan Aspek Dan Kaidah Penulisan, Level Kompetensi, Dan Bisa Menguji Kemampuan Peserta Didik.

Verifikasi Soal Ujian Madrasah, Kamad: Soal UM Memperhatikan Aspek Dan Kaidah Penulisan, Level Kompetensi, Dan Bisa Menguji Kemampuan Peserta Didik.


Validasi Soal Ujian Madrasah Oleh Tim Reviewer Madrasah MAN Insan Cendekia Gorontaalo

TILONGKABILA-(icg.sch.id)- Setelah penyusunan kisi-kisi dan soal selesai dua hari yang lau, bidang akademik menjadwalkan verifikasi soal-soal Ujian Madrasah oleh tim reviewer yang dilaksanakan di gedung Cyber Library lantai 2 hari Rabu (23/3/2022). Tim verifikator atau reviewer diambil dari tim teaching masing-masing pelajaran.

Siti Hadju sebagai penanggung jawab bidang akademik mengatakan bahwa soal-soal yang disusun berdasarkan kisi-kisi akan diverifikasi oleh reviewer untuk memastikan bahwa soal UM (Ujian Madrasah) sudah sesuai dan valid.

“Tim reviewer setiap mapel akan memeriksa dan memastikan validasi konten dan konstruk setiap soal sudah baik untuk diujikan kepada peserta didik. Dari unsur konten sudah sesuai dengan kompetensi dasar dan dari sisi konstruk soal sudah memuat stimulus yang baik serta penulisan bahasa yang sesuai kaidah yang baik.”Ujarnya.

Kepala Madrasah, Jasmaniar menghimbau agar penyusunan soal UM memperhatikan aspek dan kaidah penulisan soal yang baik dan benar.

“Penyusunan soal UM harus memperhatikan aspek dan kaidah penulisan yang benar dan baik serta memuat seluruh level kompetensi baik L1, L2, dan L3. Selain itu yang paling penting bahwa soal harus benar-benar bisa menguji kompetensi peserta didik yang sesungguhnya.”Imbuhnya.

Rencananya setelah reviewer selesai memvalidasi seluruh soal, operator madrasah akan mengelola seluruh soal-soal tersebut kedalam aplikasi CBT (Computer-Based Test) MAN Insan Cendekia Gorontalo untuk diujikan pada hari pelaksanaan Ujian Madrasah dari tanggal 28 Maret hingga 9 April 2022. (AK-147)

Penulis : AGUNKA
Editor : Tim Humas MAN ICG
Sumber : Tim Humas MAN ICG

SHARE

TINGGALKAN KOMENTAR