Tolangga Lopulato Pada Perayaan Maulid Nabi SAW, MAN IC Gorontalo Lestarikan Budaya Gorontalo

Tolangga Lopulato Pada Perayaan Maulid Nabi SAW, MAN IC Gorontalo Lestarikan Budaya Gorontalo
Tolangga Lopulato Pada Perayaan Maulid Nabi SAW, MAN IC Gorontalo Lestarikan Budaya Gorontalo

TILONGKABILA-(icg.sch.id)- Perayaan memperingati hari kelahiran nabi Muhammad SAW atau yang dikenal dengan Maulid Nabi Besar Muhammad Saw diselenggarakan oleh civitas MAN IC Gorontalo dengan membawa iring-iringan Tolangga Lopulato atau makanan berupa berbagai jenis kue dan makanan pada wadah berbentuk rumah sebagai budaya adat daerah setempat. Peringatan Maulid Nabi SAW diperingati setiap 12 rabiul awal pada tahun ini jatuh pada hari Sabtu, (08/10/2022). Oleh karena itu, MAN IC Gorontalo menyelenggarakan kegiatan keagamaan dengan diisi mendengarkan ceramah dengan tema “Maulid Dijadikan Sebagai Momentum Gerakan Moral Menuju Masyarakat Indonesia “di masjid Ulul Albab, MAN IC Gorontalo, (08/10/2022). Sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut adalah ustaz Nanang Masaudi, S.Pd.

Nanang dalam ceramahnya menyampaikan bahwa nabi Muhammad sebagai manusia yang merubah peradaban dunia paling tertinggal yaitu masyarakat jahiliah, namun bisa berubah menjadi negara berperadaban tinggi bahkan melampaui eropa.

“Indonesia pasti akan menjadi negara berperadaban dan maju jika kita mengikuti dan meneladani hidup rasulullah. Hidup kita akan teratur dan kita akan jadi manusia sukses,” tandas Nanang.

Nanag juga menambahkan bahwa sebagai umat yang mengaku mencintai nabinya maka hendaknya senantiasa berusaha sekuat tenaga mengikuti sunnah-sunnahnya agar selalu tumbuh subur rasa cinta kepada nabi Muhammad SAW sehingga bisa meningkatkan iman dan taqwa.

“Sebagai umat muslim yang cinta, maka cinta harus kita buktikan dengan selalu mengikuti sunnah sunnahnya dan menjauhi hal hal yang beliau benci,” tambahnya.

Dalam perayaan Maulid Nabi SAW tersebut dimeriahkan dengan Tolangga Lopulato, yaitu makanan berupa beraneka ragam jenis kue dan buah-buahan yang ditempatkan dalam sebuah wadah berbentuk rumah untuk dibagi-bagikan kepada Jemaah yang hadir dalam acara tersebut. Tolangga Lopulato dibuat oleh siswa MAN IC Gorontalo secara mandiri dengan bergotong royong hingga siap dibawa ke masjid. Tolangga Lopulato adalag bagian dari budaya dan adat yang perlu dilestarikan. MAN IC Gorontalo sebagai lembaga pendidikan ikut menjaga dan menumbuh suburkan budaya adat Tolangga Lopulato dalam perayaan Mauild Nabi SAW. (Agunka/Fernando)

SHARE

1 komentar

Yusnita, Senin, 10 Okt 2022

Allahumma sholli wa shollim ‘ala nabiyyina muhammad…semoga siswa siswi MANICG istiqomah dalam meneladani sunah2 Rasulullah SAW

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR