Pelaksanaan Assesmen Bakat Minat (ABM) Peserta Didik Kelas XII MAN Insan Cendekia Gorontalo 2023

Pelaksanaan Assesmen Bakat Minat (ABM) Peserta Didik Kelas XII MAN Insan Cendekia Gorontalo 2023
Pelaksanaan Assesmen Bakat Minat (ABM) Peserta Didik Kelas XII MAN Insan Cendekia Gorontalo 2023

TILONGKABILA-(icg.sch.id)- Menghadapi persiapan kelanjutan siswa kelas XII ke jenjang perguruan tinggi, MAN Insan Cendekia Gorontalo menggelar kegiatan Assesmen Bakat Minat (ABM). Kegiatan ini dilaksanakan di ruang cyber library lantai 2 gedung pendidikan MAN Insan Cendekia Gorontalo, 10 November 2023. Hal ini dibenarkan oleh ketua panitia Assesmen, Herry Kurniawan.

Kepala MAN IC Gorontalo, Jasmaniar mengatakan kepada awak humas kegiatan assesmen bakat minat sangat diperlukan untuk mengetahui potensi peserta didik untuk dijadikan bahan pertimbangan kelanjutan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

”Siswa kelas XII sebentar lagi akan selesai dan kemudian melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Untuk membantu siswa dalam menentukan jurusan dan pilihan kampus maka peserta didik perlu mengetahui potensi yang ada pada diri mereka. Dengan kegiatan Assesmen Bakat Minat inilah diharapkan akan didapatkan informasi tentang potensi bakat dan minat masing-masing siswa,” tutur Jasmaniar.

Ditanya tentang manfaat yang akan diperoleh siswa mengikuti kegiatan ini Jasmaniar menambahkan bahwa tujuan melakukan asesmen bakat dan minat adalah untuk membantu individu memahami kekuatan, minat, dan potensi mereka dalam berbagai bidang. Melalui Asesmen Bakat dan Minat, seseorang dapat menemukan bidang-bidang di mana mereka memiliki potensi untuk berhasil, serta minat dan hobi yang dapat dijadikan dasar untuk pemilihan karier atau pendidikan. Manfaatnya masing-masing siswa akan mengetahui informasi tentang pemahaman diri, pengembangan pribadi, pemilihan pendidikan, peningkatan produktivitas, pengambilan keputusan, dan pengembangan rencana karier. Dengan demikian, asesmen bakat dan minat berfungsi sebagai alat penting dalam membimbing individu menuju pilihan karier dan pendidikan yang sesuai dengan potensi dan minat mereka.

Suji, salah satu panitia bidang IT (Information and Technology) mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ABM dilaksanakan selama satu  hari dengan dua sesi. Suji menambahkan bahwa pada Assesment Bakat Minat ini siswa menjawab pertanyaan menggunakan sistem Computer-Based Test dengan bentuk pertanyaan pilihan ganda di bagi dalam 7 stage. (AGUNKA)

 

SHARE

TINGGALKAN KOMENTAR