Jasmaniar: Bangun ZI MAN IC Gorontalo Melayani Sepenuh Hati

Kakanwil Kemenag Prov. Gorontalo H. Syafrudin Baderung (tengah) bersama para undangan pada acara Deklarasi Pencanangan Zona Integritas MAN IC Gorontalo menuju WBK dan WBBM, Jumat (26/03/2021) di MAN IC Gorontalo

Gorontalo (icg.sch.id) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gorontalo mengadakan kegiatan deklarasi pencanangan Zona Integritas (ZI) MAN IC Gorontalo menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Jumat (26/03/2021) di MAN IC Gorontalo.

Pencanangan ZI diresmikan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Gorontalo, dihadiri jajaran pendidikan Kanwil dan Kantor Kementerian Agama Kab Bone Bolango, perwakilan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Gorontalo, tim Puslitbang Kemenag RI beserta seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), bertempat di Gedung Administrasi MAN IC Gorontalo.

Kepala Kanwil (Kakanwil) H. Syafrudin Baderung dalam sambutannya mengingatkan perlunya integritas. “Dari lima budaya kerja Kementerian Agama integritas berada paling atas. Susunan itu sudah melalui kajian akademik yang cukup matang. Satukan hati, langkah kerja, untuk memahami dan membangun zona integritas. Integritas itu mahal. Tidak punya integritas jangan jadi pegawai pemerintah. Tanpa integritas, lembaga akan hancur, tidak bisa mencapai kinerja yang diharapkan,” demikian Kakanwil dalam sambutannya.

Sementara itu Kepala Madrasah (Kamad) MAN IC Gorontalo, Jasmaniar mengatakan dengan pembangunan ZI pelayanan dilakukan sepenuh hati. “MAN IC Gorontalo mendapat amanah menjadi pilot projek madrasah menuju WBK dan WBBM. Untuk itu madrasah telah membentuk tim kerja pembangunan ZI dan menerapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Artinya madrasah telah menerapkan One Step Service dimana semua pelayanan yang bersifat administratif akan dilayani dengan cepat dan sepenuh hati,” ujar Kamad yang akrab disapa Umi Cica ini.

Dikatakannya membangun Zona Integritas adalah tugas berat oleh karenanya semua pihak harus mempunyai komitmen kuat serta pola pikir dan budaya kerja yang baik sehingga keberhasilan membangun zona integritas dapat tercapai.

Jasmaniar juga mengajak seluruh civitas MAN IC Gorontalo untuk bekerja sama dan ikhlas dalam membangun zona intregitas dan tidak mencederainya dengan perilaku yang tidak terpuji.

Acara deklarasi diisi pembacaan ikrar berupa komitmen bersama dalam pembangunan ZI oleh Kamad yang diikuti seluruh GTK. Dilanjutkan dengan penandatanganan Piagam Pencanangan ZI dan Komitmen Bersama.

Kegiatan diakhiri dengan pengguntingan pita peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan pelepasan balon ke udara oleh Kakanwil sebagai tanda dimulainya pencanangan dan pembangunan ZI MAN IC Gorontalo menuju WBK dan WBBM.