MAN Insan Cendekia Gorontalo Juarai Lomba Debat Bahasa Indonesia Nasional

MAN Insan Cendekia Gorontalo Juarai Lomba Debat Bahasa Indonesia Nasional

Gorontalo -(icg.sch.id)- Provinsi Gorontalo patut berbangga atas prestasi yang diraih Tim Debat Bahasa Indonesia MAN Insan Cendekia Gorontalo yang telah berhasil meraih Juara II dalam Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Nasional (19/10/2021).
Lomba yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini merupakan kompetisi debat berbahasa Indonesia tingkat nasional dengan menggunakan format Asian Parliamentary Debate. LDBI tingkat nasional mempertemukan tim debat Bahasa Indonesia wakil dari 34 Provinsi yang diselenggarakan bersamaan dengan debat bahasa Inggris (NSDC).


Penganugerahan Juara LDBI dan DSDC Nasional 2021

LDBI dilaksanakan dengan proses seleksi di level provinsi secara daring dan terpilihlah tiga siswa untuk mewakili Provinsi Gorontalo yaitu M. Khairil Khatami, Muammar Qadafi, dan M. Fadel Thoriq Dharmawan yang berasal dari MAN Insan Cendekia Gorontalo. Jika tahun sebelumnya Tim Debat Provinsi Gorontalo hanya sampai di babak perdelapan, kali ini Tim Debat MAN IC Gorontalo menjuarai babak penyisihan dan melaju hingga babak final yang dilaksanakan secara daring pada tanggal 4—8 Oktober 2021.
Menurut Khairil selaku ketua tim, persiapan menghadapi lomba butuh waktu setahun dan menghadapi berbagai pengalaman suka dan duka tetapi di balik itu semua yang terpenting adalah kejujuran. “Genap satu tahun persiapan dan banyak yang telah dilakukan terutama sedihnya, ayah saya yang sudah di atas di hari terakhirnya terus mendoakan dan mendukung untuk mengikuti lomba debat dan intinya terus jujur untuk menjadi juara karena juara itu harus jujur” ujarnya dalam sesi wawancara Penutupan dan Penganugerahan Pemenang LDBI dan NSDC 2021.
Pada momen penganugerahan tersebut, Tim Debat MAN IC Gorontalo berhasil meraih Juara II Nasional (Perak) dan juga menyabet penghargaan pembicara terbaik individu yaitu Muammar Qadafi (Perunggu), M. Fadel Thoriq D. (Perunggu) dan M. Khairil Khatami (Emas). Tak hanya itu, Tim Debat Provinsi Gorontalo meraih Kategori Terbaik D berdasarkan rekap pencapaian 5 tahun terakhir.
Apresiasi, syukur, dan bangga disampaikan oleh Jasmaniar, selaku Kepala MAN Insan Cendekia Gorontalo. “Kami sangat beryukur dan bangga atas prestasi yang telah diraih Tim Debat Bahasa Indonesia, selain mengharumkan nama Provinsi Gorontalo, tentu prestasi ini mengangkat nama madrasah dan Kementerian Agama khusunya, sungguh prestasi yang luar biasa,” ujarnya.
Jasmaniar juga berharap prestasi ini bisa dipertahankan dengan adanya regenerasi tim debat dan juga memberikan motivasi dan energi positif bagi madrasah lainnya, “Semoga MAN IC Gorontalo bisa berpartisipasi dan berprestasi di ajang LDBI dan NSDC tahun depan serta memberi semangat bagi madrasah lain,” pungkasnya. (KA)

SHARE

TINGGALKAN KOMENTAR