Siswa MAN IC Gorontalo Wakili Bone Bolango di STQH Provinsi

Tim MAN IC Gorontalo pose bersama Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli, usai penutupan STQH ke-10 Kabupaten Bone Bolango di Islamic Centre Taman Taqwa Bone Bolango, Senin (29/03/2021)

Gorontalo (icg.sch.id) – Lima siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gorontalo berhasil meraih posisi terbaik pada Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) X Tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2021. Dalam pengumuman hasil lomba saat acara penutupan, kelimanya berada di posisi juara 1 dan juara 2 bidang hafalan quran dan hadis. Para peraih juara 1 selanjutnya akan mewakili Bone Bolangio ke tingkat Provinsi. Acara penutupan dilaksanakan pada Senin (29/03/2021) di Islamic Centre Taman Taqwa Bone Bolango.

Wakil Bupati Merlan S. Uloli dalam sambutan penutupannya menyemangati peserta dan para pemenang untuk terus belajar dan bermimpi. Dirinya berharap mimpi peserta jangan hanya sampai juara tingkat kabupaten namun harus bisa juara di tingkat lebih tinggi bukan hanya nasional tapi internasional agar lahir Sarini-sarini baru.

Kepala Madrasah, Jasmaniar mengatakan prestasi di masa pandemi ini patut disyukuri. “Alhamdulillah di masa pandemi ini siswa MAN IC Gorontalo mampu meraih prestasi di bidang keagamaan. Ini patut disyukuri karena siswa peserta dapat melewati pembinaan dan pelaksanaan lomba dengan capaian yang baik. Saya berharap para siswa ini dapat terus maju mewakili Bone Bolango di tingkat Provinsi, dan Gorontalo di STQH tingkat nasional,” urai Jasmaniar yang turut hadir di acara penutupan.

Sementara itu Wakil Kepala Madrasah Bidang Keasramaan, Rahma Sari mengatakan pembinaan dilakukan terpusat di asrama. “Menghadapi STQH tingkat Kabupaten para siswa peserta dibina secara terpusat di asrama tanggal 10 s.d 25 Maret 2021. Alhamdulillah semua peserta yang diutus bisa mendapatkan juara. Selanjutnya segera setelah ini kita persiapkan mereka menuju tingkat Provinsi,” ujar pengajar Fikih di MAN IC Gorontalo ini.
Kegiatan STQH X Tingkat Kabupaten Bone Bolango dilaksanakan pada 27 s.d 29 Maret 2021 di tepian Taman Taqwa pelataran Masjid Baitul Haq Islamic Center Kabupaten Bone Bolango. Mengangkat tema “Merajut Kebersamaan Menuju Bone Bolango Cemerlang,” STQH ini menggelar cabang lomba tilawah anak-anak dan dewasa, hafizh 1 juz, 5 juz, 10 juz, serta hafalan hadis 100 bersanad dan 500 tanpa sanad, yang diikuti 88 peserta.

Bidang Lomba Nama Siswa Peringkat
Tahfiz Alquran 5 juz Aliyyah Melani Naue 1
Tahfiz Alquran 10 juz putra Muhammad Aqil Kamaru 2
Tahfiz Alquran 10 juz putri Atina Annisa Abida 2
Hafalan 500 Hadis M. Sabri Sofyan 1
Hafalan 100 Hadis dengan sanad Nur Hikmah Nur 1
(ATB)